Shift Paradigm

Shift Paradigm

 

Apa Itu Paradigm Shift?

Pada tahun 1962, Thomas Kuhn menulis Struktur Revolusi Ilmiah, dan ayah, didefinisikan dan mempopulerkan konsep “pergeseran paradigma” (hal.10). Kuhn berpendapat bahwa kemajuan ilmiah tidak evolusioner, melainkan adalah “serangkaian selingan damai diselingi oleh intelektual revolusi kekerasan”, dan dalam revolusi “satu pandangan dunia konseptual digantikan oleh yang lain”.

Pikirkan Pergeseran Paradigma sebagai perubahan dari satu cara berpikir yang lain. Ini sebuah revolusi, suatu transformasi, semacam metamorfosis. Hanya saja tidak terjadi, tapi lebih didorong oleh agen perubahan.

Sebagai contoh, pertanian mengubah masyarakat primitif awal. Indian primitif ada selama berabad-abad jelajah bumi terus berburu dan mengumpulkan makanan musiman dan air. Namun, pada tahun 2000 SM, Amerika Tengah adalah pemandangan desa yang sangat kecil, masing-masing dikelilingi oleh ladang jagung merata dan sayuran lainnya.

Agen perubahan membantu menciptakan pergeseran paradigma-teori ilmiah yang bergerak dari sistem Ptolemeus (bumi di pusat alam semesta) ke sistem Copernican (matahari di pusat alam semesta), dan bergerak dari fisika Newton ke Relativitas dan Quantum fisika. Kedua gerakan akhirnya mengubah pandangan dunia. Transformasi-transformasi ini adalah bertahap sebagai keyakinan lama digantikan oleh paradigma baru menciptakan “suatu gestalt baru” (hal. 112).

 

Demikian juga, mesin cetak, pembuatan buku dan penggunaan bahasa vernakular tak terelakkan mengubah budaya suatu bangsa dan memiliki mempengaruhi langsung terhadap revolusi ilmiah. Penemuan Johann Gutenberg di 1440 dari movable type adalah agen perubahan. Buku menjadi tersedia, lebih kecil dan lebih mudah untuk menangani dan murah untuk membeli. Massa rakyat memperoleh akses langsung ke scriputures. Sikap mulai berubah ketika orang merasa lega dari dominasi gereja.

Demikian pula, agen perubahan mengemudi pergeseran paradigma baru hari ini. Tanda-tanda ada di sekitar kita. Sebagai contoh, pengenalan komputer pribadi dan internet berdampak baik pribadi dan lingkungan bisnis, dan merupakan katalis bagi Pergeseran Paradigma. Penerbitan surat kabar telah dibentuk kembali ke situs web, blogging, dan web feed. Internet telah diaktifkan atau mempercepat penciptaan bentuk-bentuk baru interaksi manusia melalui instant messaging, Internet forum, dan situs jejaring sosial. Kami telah bergeser dari mekanistik, manufaktur, masyarakat industri ke, layanan berbasis organik, masyarakat informasi terpusat, dan peningkatan teknologi akan terus berdampak global. Perubahan tidak bisa dihindari. Ini adalah konstan hanya benar.

Kesimpulannya, selama jutaan tahun kita telah berkembang dan akan terus melakukannya. Perubahan adalah sulit. Manusia menolak perubahan, namun, proses yang telah ditetapkan dalam gerak yang panjang lalu dan kami akan terus bersama-sama menciptakan pengalaman kita sendiri. Kuhn menyatakan bahwa “kesadaran adalah prasyarat untuk diterima semua perubahan teori” (hal. 67). Ini semua dimulai dalam pikiran orang tersebut. Yang kita lihat, apakah normal atau metanormal, sadar atau tidak sadar, tunduk pada keterbatasan dan distorsi yang dihasilkan oleh alam dan sosial kita mewarisi bersyarat. Namun, kita tidak dibatasi oleh ini untuk kita bisa berubah. Kami bergerak pada tingkat percepatan kecepatan dan negara kita adalah mengubah kesadaran dan melampaui. Banyak kebangkitan sebagai kesadaran kita mengembang.
________________________________________
Referensi: Kuhn, Thomas, S., “The Structure of Scientific Revolutions”, Edisi Kedua, Pembesaran, University of Chicago Press, Chicago, 1970 (1962)

 

Kuhnian paradigm shifts

Kuhn menggunakan ilusi optik kelinci bebek untuk menunjukkan cara di mana pergeseran paradigma dapat menyebabkan seseorang untuk melihat informasi yang sama dalam cara yang sama sekali berbeda.
Pergeseran paradigma epistemologis disebut revolusi ilmiah oleh epistemologist dan sejarawan sains Thomas Kuhn dalam bukunya The Structure of Scientific Revolutions.
Sebuah revolusi ilmiah terjadi, menurut Kuhn, ketika para ilmuwan menemukan anomali yang tidak dapat dijelaskan oleh paradigma universal diterima dalam mana kemajuan ilmiah tambahan telah dibuat. Paradigma, dalam pandangan Kuhn, tidak hanya teori saat ini, tetapi keseluruhan pandangan dunia di mana ia ada, dan semua implikasi yang datang dengan itu. Hal ini didasarkan pada fitur dari lanskap pengetahuan bahwa para ilmuwan dapat mengidentifikasi sekitar mereka. Ada anomali untuk semua paradigma, Kuhn dipertahankan, yang mengusap sebagai tingkat yang dapat diterima kesalahan, atau hanya diabaikan dan tidak ditangani dengan (argumen utama Kuhn menggunakan untuk menolak Model Karl Popper tentang falsifiability sebagai kekuatan kunci yang terlibat dalam perubahan ilmiah). Sebaliknya, menurut Kuhn, anomali memiliki berbagai tingkat signifikansi kepada praktisi ilmu pengetahuan pada saat itu. Untuk meletakkannya dalam konteks fisika awal abad ke-20, beberapa ilmuwan menemukan masalah dengan perihelion Merkurius menghitung lebih mengganggu daripada Michelson-Morley hasil percobaan, dan beberapa jalan lain di sekitar. Model Kuhn tentang perubahan ilmiah berbeda di sini, dan di banyak tempat, dari yang dari positivis logis dalam hal ini menempatkan penekanan ditingkatkan pada manusia individu yang terlibat sebagai ilmuwan, bukan abstrak ilmu pengetahuan menjadi sebuah usaha murni logis atau filosofis.
Ketika anomali cukup signifikan telah diperoleh terhadap paradigma saat ini, disiplin ilmu dilemparkan ke dalam keadaan krisis, menurut Kuhn. Selama krisis ini, ide-ide baru, mungkin yang sebelumnya dibuang, diadili. Akhirnya sebuah paradigma baru terbentuk, yang pengikutnya sendiri keuntungan baru, dan “pertempuran” intelektual terjadi antara para pengikut paradigma baru dan terus-beluk paradigma lama. Sekali lagi, untuk awal fisika abad ke-20, transisi antara elektromagnetik Maxwell pandangan dunia dan pandangan dunia relativistik Einstein bukanlah seketika atau tenang, dan malah terlibat satu set berlarut-larut “serangan,” baik dengan data empiris serta argumen retoris atau filosofis, oleh kedua sisi, dengan teori Einstein menang dalam jangka panjang. Sekali lagi, menimbang bukti dan pentingnya data baru yang masuk melalui saringan manusia: beberapa ilmuwan menemukan kesederhanaan persamaan Einstein untuk menjadi yang paling menarik, sementara beberapa menemukan mereka lebih rumit daripada gagasan eter Maxwell yang mereka dibuang. Beberapa foto Eddington menemukan cahaya lentur di sekitar matahari akan menarik, beberapa mempertanyakan akurasi dan makna. Kadang-kadang gaya meyakinkan hanya waktu itu sendiri dan korban manusia yang diperlukan, Kuhn mengatakan, menggunakan kutipan dari Max Planck: “kebenaran ilmiah baru tidak kemenangan dengan meyakinkan lawannya dan membuat mereka melihat cahaya, melainkan karena lawan pada akhirnya mati, dan generasi baru tumbuh yang akrab dengan itu “[1].
Setelah disiplin yang diberikan telah berubah dari satu paradigma ke paradigma lain, ini disebut, dalam terminologi Kuhn, revolusi ilmiah atau pergeseran paradigma. Hal ini sering kesimpulan akhir, hasil dari proses panjang, yang dimaksudkan ketika pergeseran paradigma istilah yang digunakan bahasa sehari-hari: hanya perubahan (sering radikal) dari pandangan dunia, tanpa mengacu pada kekhususan argumen sejarah Kuhn.

 

Science and paradigm shift (Sains dan pergeseran paradigma)
Sebuah tafsir umum dari paradigma adalah keyakinan bahwa penemuan pergeseran paradigma dan sifat dinamis ilmu pengetahuan (dengan banyak kesempatan untuk penilaian subjektif oleh para ilmuwan) adalah kasus untuk relativisme: [2] pandangan bahwa semua jenis sistem kepercayaan yang sama . Kuhn menolak keras interpretasi dan menyatakan bahwa ketika sebuah paradigma ilmiah diganti dengan yang baru, walaupun melalui proses sosial yang kompleks, yang baru selalu lebih baik, tidak hanya berbeda.
Klaim-klaim relativisme, bagaimanapun, terkait dengan yang lain mengklaim bahwa Kuhn tidak setidaknya agak mendukung: bahwa teori-teori bahasa dan paradigma yang berbeda tidak dapat diterjemahkan ke dalam satu sama lain atau rasional dievaluasi terhadap satu sama lain – bahwa mereka tidak dapat dibandingkan. Hal ini melahirkan banyak pembicaraan masyarakat dan budaya yang berbeda memiliki pandangan dunia secara radikal berbeda atau skema konseptual – begitu berbeda bahwa apakah atau tidak seorang pun lebih baik, mereka tidak bisa dimengerti oleh satu sama lain. Namun, filsuf Donald Davidson menerbitkan sebuah esai yang sangat dihormati pada tahun 1974, “Pada Ide Sangat dari sebuah Skema Konseptual,” dengan alasan bahwa gagasan bahwa setiap bahasa atau teori bisa dapat dibandingkan dengan satu sama lain itu sendiri tidak koheren. Jika ini benar, klaim Kuhn harus diambil dalam arti lebih lemah dari mereka sering. Selanjutnya, analisis memegang Kuhnian pada ilmu sosial telah lama renggang dengan aplikasi luas multi-paradigmatik pendekatan untuk memahami perilaku manusia yang kompleks (lihat misalnya Yohanes Hassard, Sosiologi dan Teori Organisasi. Positivisme, Paradigma dan Postmodernitas. Cambridge University Press 1993..)
Pergeseran paradigma cenderung menjadi yang paling dramatis dalam ilmu-ilmu yang tampaknya stabil dan matang, seperti dalam fisika di akhir abad ke-19. Pada saat itu, fisika tampaknya disiplin mengisi beberapa rincian terakhir dari sebuah sistem yang sebagian besar bekerja-keluar. Pada tahun 1900, Lord Kelvin terkenal menyatakan, “Tidak ada yang baru harus ditemukan dalam fisika sekarang Semua yang tersisa adalah pengukuran yang lebih dan lebih tepat..” Lima tahun kemudian, Albert Einstein menerbitkan kertas pada relativitas khusus, yang menantang set sangat sederhana aturan yang ditetapkan oleh mekanika Newton, yang telah digunakan untuk menggambarkan gaya dan gerak selama lebih dari dua ratus tahun.
Dalam Struktur Scientific Revolutions, Kuhn menulis, “transisi dari satu paradigma Berturutan ke yang lain melalui revolusi adalah pola perkembangan yang biasa ilmu pengetahuan dewasa.” (Hal. 12) gagasan Kuhn itu sendiri revolusioner dalam waktu, karena menyebabkan perubahan besar dalam cara yang akademisi berbicara tentang ilmu pengetahuan. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa itu disebabkan atau itu sendiri bagian dari “pergeseran paradigma” dalam sejarah dan sosiologi ilmu pengetahuan. Namun, Kuhn tidak akan mengenali seperti pergeseran paradigma. Berada di ilmu sosial, orang masih bisa menggunakan ide-ide sebelumnya untuk membahas sejarah ilmu pengetahuan.
Filsuf dan sejarawan ilmu pengetahuan, termasuk Kuhn sendiri, akhirnya diterima versi modifikasi dari model Kuhn, yang mensintesis tampilan asli dengan model gradualis yang mendahuluinya. Model asli Kuhn sekarang umumnya dipandang sebagai terlalu terbatas.

Contoh pergeseran paradigma dalam ilmu alam
Beberapa “kasus klasik” ​​dari pergeseran paradigma dalam ilmu Kuhnian adalah:
• Transisi dalam kosmologi dari kosmologi Ptolemeus untuk satu Copernican.
• Transisi di optik geometris dari optik ke optik fisik.
• Transisi dalam mekanika dari mekanika Aristotelian untuk mekanika klasik.
• Penerimaan dari teori biogenesis, bahwa semua kehidupan berasal dari kehidupan, yang bertentangan dengan teori generasi spontan, yang dimulai pada abad ke-17 dan tidak selesai sampai abad ke-19 dengan Pasteur.
• Penerimaan dari karya Andreas Vesalius, yang karyanya De Humani Corporis fabrica mengoreksi banyak kesalahan dalam sistem yang sebelumnya dipegang dibuat oleh Galen.
• Penerimaan Non-Euclidean geometri sebagai sama-sama berlaku dengan geometri Euclidean.
• Transisi antara elektromagnetik Maxwell pandangan dunia dan pandangan dunia relativistik Einstein.
• Transisi antara pandangan dunia Newtonian dan pandangan dunia fisika relativistik Einstein.
• Pengembangan Mekanika kuantum, yang merumuskan kembali Mekanika klasik.
• Penerimaan dari Lempeng tektonik sebagai penjelasan untuk skala besar perubahan geologi.
• Pengembangan mutlak kencan
• Penerimaan dari teori Lavoisier reaksi kimia dan pembakaran di tempat teori phlogiston, yang dikenal sebagai Revolusi Kimia.
• Penerimaan dari pewarisan Mendel, sebagai lawan pangenesis di awal abad 20

Contoh pergeseran paradigma dalam ilmu sosial

Dalam pandangan Kuhn, keberadaan paradigma memerintah tunggal adalah karakteristik dari ilmu pengetahuan, sementara filsafat dan banyak ilmu sosial yang ditandai dengan [3] “tradisi klaim, counterclaims, dan perdebatan lebih fundamental.” Orang lain telah menerapkan konsep Kuhn tentang pergeseran paradigma dalam ilmu sosial.
• Gerakan, yang dikenal sebagai revolusi kognitif, jauh dari pendekatan behavioris untuk mempelajari psikologis dan penerimaan kognisi sebagai pusat untuk mempelajari perilaku manusia.
• Revolusi Keynesian adalah biasanya dipandang sebagai pergeseran besar dalam makroekonomi [4] Menurut John Kenneth Galbraith., Hukum Say didominasi ekonomi berpikir sebelum Keynes untuk lebih dari satu abad, dan pergeseran ke Keynesianisme sulit. Ekonom yang bertentangan dengan hukum, yang disimpulkan bahwa pengangguran dan rendahnya investasi (ditambah dengan oversaving) yang hampir mustahil, berisiko kehilangan karir mereka [5] Dalam magnum opus-nya, Keynes dikutip salah seorang pendahulunya, JA Hobson, [6] yang berulang kali. menyangkal posisi di universitas untuk teori bid’ahnya.
• Kemudian, gerakan untuk monetarisme lebih dari Keynesianisme menandai pergeseran memecah belah kedua. Monetaris berpendapat bahwa kebijakan fiskal tidak efektif untuk menstabilkan inflasi, bahwa itu adalah semata-mata merupakan fenomena moneter, berbeda dengan pandangan Keynesian saat itu adalah bahwa kebijakan baik fiskal dan moneter sangat penting. Keynesian kemudian diadopsi banyak pandangan monetaris dari teori kuantitas uang dan pergeseran kurva Philips, teori mereka awalnya menolak [7].
[Sunting] Sebagai pemasaran berbicara
Di bagian akhir tahun 1990-an, muncul ‘pergeseran paradigma’ sebagai sebuah kata kunci, yang dipopulerkan sebagai pemasaran berbicara dan muncul lebih sering di cetak dan publikasi [8] Dalam bukunya, Pikiran kejanggalan itu., Penulis menyarankan pembaca Larry Trask untuk menahan diri dari menggunakan , dan untuk menggunakan hati saat membaca apapun yang mengandung frase. Hal ini disebut dalam beberapa artikel dan buku [9] [10] sebagai disalahgunakan dan digunakan secara berlebihan ke titik menjadi berarti.
[Sunting] Kegunaan lain
The “pergeseran paradigma” istilah telah menemukan menggunakan dalam konteks lain, mewakili gagasan perubahan besar dalam pola pikir-tertentu – perubahan radikal dalam keyakinan pribadi, sistem yang kompleks atau organisasi, menggantikan cara berpikir mantan atau mengorganisir dengan radikal yang berbeda cara berpikir atau mengatur:
• Handa, ML, seorang profesor sosiologi dalam pendidikan di Oise Universitas Toronto, Kanada, mengembangkan konsep paradigma dalam konteks ilmu sosial. Dia mendefinisikan apa yang dia maksud dengan “paradigma” dan memperkenalkan gagasan “paradigma sosial”. Selain itu, ia mengidentifikasi komponen dasar dari setiap paradigma sosial. Seperti Kuhn, ia membahas masalah perubahan paradigma, proses dikenal sebagai “pergeseran paradigma.” Dalam hal ini, ia berfokus pada keadaan sosial yang memicu pergeseran tersebut. Relatedly, dia membahas bagaimana pergeseran yang mempengaruhi lembaga-lembaga sosial, termasuk lembaga pendidikan. [Kutipan diperlukan]
• Konsep ini telah dikembangkan untuk teknologi dan ekonomi dalam identifikasi baru tekno-ekonomi sebagai perubahan paradigma dalam sistem teknologi yang memiliki pengaruh besar pada perilaku seluruh perekonomian (Carlota Perez; karya sebelumnya hanya pada paradigma teknologi oleh Giovanni Dosi) . Konsep ini dikaitkan dengan ide Schumpeter penghancuran kreatif. Contohnya termasuk pindah ke produksi massal, dan pengenalan mikroelektronika. [Kutipan diperlukan]
• Di arena ilmu politik, konsep tersebut telah diterapkan pada etos perang. Biologi evolusi Tangan Judith, dalam sebuah makalah berjudul “Untuk Memusnahkan Perang,” berpendapat bahwa pergeseran paradigma mungkin dari etos global yang beroperasi pada asumsi bahwa perang merupakan aspek yang tak terelakkan dari sifat manusia untuk suatu etos global yang menolak perang dalam keadaan apapun.
• Dua foto Bumi dari ruang angkasa, “Earthrise” (1968) dan “The Blue Marble” (1972), diperkirakan telah membantu untuk mengantarkan dalam gerakan lingkungan yang menjadi terkenal besar di tahun-tahun segera setelah distribusi gambar-gambar.

http://en.wikipedia.org/wiki/Paradigm_shift

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment