Ilmu Pengetahuan

Ilmu Pengetahuan

 

Ilmu (atau ilmu pengetahuan) adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya.

Ilmu bukan sekadar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena manusia berusaha berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu pengetahuan adalah produk dari epistemologi.

Contoh: Ilmu alam hanya bisa menjadi pasti setelah lapangannya dibatasi ke dalam hal yang bahani (materiil saja), atau ilmu psikologi hanya bisa meramalkan perilaku manusia jika lingkup pandangannya dibatasi ke dalam segi umum dari perilaku manusia yang konkret. Berkenaan dengan contoh ini, ilmu-ilmu alam menjawab pertanyaan tentang berapa jarak matahari dan bumi, atau ilmu psikologi menjawab apakah seorang pemudi cocok menjadi perawat.

http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu

Kenapa kita harus memiliki ilmu dan pengetahuan? dari pengertian diatas tentu kita jadi tahu apa yang namanya ilmu dan pengetahuan. Kita akan mempunyai ilmu setelah banyak tahu dan belajar. Dengan memiliki banyak pengetahuan, kita jadi bisa mengarahkan jalan hidup kita agar hidup yang kita jalani ini tidak menjadi sia-sia dan dapat berguna untuk banyak orang. dengan memiliki ilmu, kita akan mudah mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan. dengan mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan, kita jadi bisa menata kehidupan kita agar bisa menjadi lebih baik dan lebih sejahtera dari sebelumnya. tentu melihat anaknya sukses merupakan cita-cita semua orang tua. jadi kita harus terus belajar agar kita bisa hidup lebih baik dan dapat membahagiakan seluruh orang yang kita cintai terutama keluaraga dan orang tua kita sendiri.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s